Blogger templates

Senin, 23 Februari 2015

CARA MENINGKATKAN KALORI BATU BARA

     Di pertambangan Indonesia memang kebanyakan adalah batubara muda yang low kalori,penambangan batubara yang ada dirawa-rawa memiliki moisture air yang tinggi yang menyebabkan rendahnya kalori batubara itu sendiri hal ini banyak didapati disebagian tambang di indonesia terutama pada penambangan didaerah sumatra.
pertanyaannya kenapa batu bara bisa turun kalorinya?jadi kalau batubara dengan moisture air yang yang tinggi tentunya kalorinya jadi menurun,demikian juga sebaliknya.

     Proses peningkatan nilai kalori batubara kalori rendah melalui penurunan kadar air lembab dalam batubara. Air yang terkandung dalam batubara terdiri dari air bebas (free moisture) dan air lembab (inherent moisture). Air bebas adalah air yang terikat secara mekanik dengan batubara pada permukaan dalam rekahan atau kapiler yang mempunyai tekanan uap normal. Adapun air lembab adalah air terikat secara fisik pada struktur pori-pori bagian dalam batubara dan mempunyai tekanan uap yang lebih rendah daripada tekanan normal. 

     Kandungan air dalam batubara baik air bebas maupun air lembab merupakan faktor yang merugikan karena memberikan pengaruh yang negatif terhadap proses pembakarannya. Penurunan kadar air dalam batubara, dapat dilakukan dengan cara mekanik atau perlakuan panas. Pengeringan cara mekanik efektif untuk mengurangi kadar air bebas dalam batubara basah, sedangkan penurunan kadar air lembab harus dilakukan dengan cara pemanasan atau penguapan.
     Ini adalah masalah klasik pada penambang di indonesia untuk menanggulangi masalah tersebut ada solusi agar kadar moisture batubara turun dan mengcoating  pori-pori batubara agar air tidak meresap lagi.maka dari itu kami mempersembahkan suatu produk yang sudah teruji didalam ataupun luar negeri yang bisa mengatasi masalah tersebut.


ESTOOChem MOISRED
COAL MOISTURE REDUCER


MOISRED  adalah produk yang diformulasikan untuk mengurangi kadungan moisture dalam batubara sehingga dapat menaikkan kualitas batubara

 
KEUNGGULAN
PRODUK
- Mengurangi kadar moisture batubara 3 - 10 %
- Menaikkan nilai kalori batubara 200 - 700 poin
- Mencegah terjadinya sponcomb
- Mengurangi kotoran/ material yang mengotori batubara
- Biaya e
konomis, mudah diterapkan dan digunakan 

        
ATURAN PAKAI
 MOISRED, dapat diaplikasikan dengan mudah dengan peralatan sebagai berikut:
• Pumpa Centrifugal
• Sprayer
• Tangki
• Sistem Piping







 Video aplikasi ESTOOChem Moisred


Diatur posisi spray supaya batubara tersiram merata semua dengan larutan ESTOOChem Moisred

Contoh Applikasi

  • Disepray menggunakan pompa sanchin secara manual atau dipasang langsung diatas               conveyer setelah crusher
  • Penyemprotan harus merata dan basah
  • Reaksi kimia estimasi waktu 1 – 4 hr.
  • Jika stock pail terlalu tinggi harus dilakukan pembalikan batatubara ( dibolak balik )

Sehingga tadinya batubara yang berada dibawah akan berada diposisi atas / yg tadinya didalam akan berada di luar .proses bisa menggunakan exavator.

 Perhitungan kalkulasi kebutuhan ESTOOChem Moisred
     Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dilakukan trial di lapangan disesuaikan dengan kondisi batubaranya. Penurunan Moisture akan berdampak terhadap kenaikan nilai kalori batubara.
Pada umum pengenceran 1 kg ESTOOChem Moisred  : 10 s/d 15 ltr  Air  ( pengenceran disesuaikan target yang akan dicapai semakin pengenceran sedikit semakin bagus )  akan mencover +/- 3 – 5 ton batubara.


Perbandingan material batubara sebelum dan sesudah coating Estoochem Moisred

Batubara sebelum coating

Batubara sesudah Coating Estoochem Moisred




PACKAGING
• Tersedia dalam kemasan : drum (200 liter)

 




Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi

Tel      081310758298
wa       : 087871443235

0 komentar:

Posting Komentar