Blogger templates

Sabtu, 17 Oktober 2015

CARA EFEKTIVE MENGATASI KEBAKARAN HUTAN






CARA EFEKTIVE MENGATASI KEBAKARAN HUTAN

Fenomena kebakaran hutan di Indonesia sudah meleweti batas.titik2 api yang semakin meluas menyebabkan ketidaknyamanan masyarakat sekitar,tentu ini menjadi PEKERJAAN RUMAH bersama. Jika Anda suatu saat terjebak pada posisi dalam kobaran api,anda harus  tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk memadamkan api, membantu petugas kebakaran  berjuang melawan api, dan menjaga diri Anda aman.
Sebelumnya silahkan pelajari dulu asal muasal api dan definisinnya.

1.Pelajari tentang tiga kebutuhan mendasar bagi api.
Ini adalah panas, bahan bakar dan oksigen, dan memahami peran yang mereka mainkan dalam kebakaran hutan akan memberikan Anda awal yang baik untuk usaha pengelolaan kebakaran Anda.
Api harus dimulai oleh sumber panas. Hal ini dapat menjadi sumber alami, seperti kilat, atau sumber-manusia yang dihasilkan, seperti api unggun, bunga api atau puntung rokok.
Bahan bakar untuk kebakaran hutan umumnya kering rumput, daun, lumut, semak dan / atau jarum pohon pinus. Sumber-sumber yang baik dari bahan bakar terbakar dengan cepat dan membutuhkan sedikit energi untuk membakar dari sumber yang lebih besar seperti penuh, pohon hidup.
Oksigen yang cukup harus hadir untuk mempertahankan api, jadi ketika angin datang melalui, mereka tidak hanya menyebar api untuk sumber bahan bakar lain, tetapi juga membawa oksigen segar untuk menjaga api pergi.


2.Mengambil kursus dalam ilmu api.
Meskipun Anda harus berani dan berani untuk melawan api, Anda juga harus tahu ilmu di balik apa yang terjadi untuk berhasil melawannya. Mengetahui bagaimana api berperilaku dan meteorologi dan geografi daerah akan membuat mengandung api lebih mudah.
Hubungi perguruan tinggi lokal, universitas, departemen pemadam kebakaran setempat dan taman nasional. Pemadam kebakaran di kota Anda atau staf di daerah satwa liar setempat dapat menawarkan tutorial tentang pemadam kebakaran dan pencegahan.

3.Mempelajari cuaca.
Bagaimana intens api mendapat dan seberapa cepat dapat menyebar secara langsung berkaitan dengan kecepatan angin, suhu dan kelembaban relatif. Lainnya, kondisi parah (seperti kekeringan) juga dapat berperan dalam kekuatan dan jumlah kebakaran hutan di suatu daerah. Informasi cuaca akurat dan tepat waktu sangat penting untuk perencanaan dan pelaksanaan strategi untuk menekan kebakaran hutan.

4.Taktik
 Melawan api dengan api dengan menciptakan sebuah Fireline. Ini adalah tujuan yang paling lembaga karena berisi api segera, mencegah penyebaran dan kerusakan masa depan.
Kadang-kadang cara termudah dan tercepat untuk melawan api adalah dengan melakukan pembakaran terkendali di sekeliling kebakaran hutan. Sebuah bakar dikontrol akan memungkinkan Anda untuk memotong sumber bahan bakar dari api yang lebih besar dengan sudah membakar tanaman kering, sehingga menghentikan penyebaran api.

 Perhatikan: bara terbang. Bahkan jika Anda telah Fireline sebuah dibangun, angin dapat membawa membara bara yang dapat bergerak api dan memperburuk masalah.
 Dalam situasi ini, Anda akan melepas komponen bahan bakar dari api, dan metode ini dianggap sebagai serangan tidak langsung di atas api.

6.Gunakan air sebagai alat pencegah kebakaran.
Cara alami masih merupakan cara terbaik dan mungkin akan selalu. Ini menghilangkan sumber bahan bakar dengan membuatnya terlalu lembab dan dapat menekan oksigen ke api.
Ketika awak kebakaran tiba di kebakaran hutan, mereka mendirikan pompa listrik di sumber air terdekat yang mereka dapat menemukan dan kemudian mereka menjalankan selang untuk api. Atau mungkin dibawa melalui tanker atau helibucket.
Jika Anda sendiri atau dengan keluarga Anda dan tidak dengan tim pemadam kebakaran profesional, melakukan segala upaya untuk mengendalikan api dengan air yang tersedia agar tidak menyebarkan api dan membuat api besar. Namun, jika jika api tumbuh bahkan sedikit, memanggil pemadam kebakaran dan evakuasi segera.
Sebuah Fireline juga dapat dibuat dengan air, menyerap perimeter api, mencegah masa depan menyebar.
7.Tambahkan  busa Ajaib.
jika Anda adalah bagian dari lembaga manajemen kebakaran di daerah Anda atau bisa mendapatkan suatu pegangan dari satu, pertimbangkan alternatif ini untuk air, yang mungkin dalam pasokan pendek.Apakah Anda menggunakan udara atau aplikasi tanah, BUSA AJAIB dapat membantu Anda memadamkan api Anda lebih cepat dengan bertindak sebagai penghalang terisolasi untuk menjaga bahan bakar yang tidak terbakar dari yang dinyalakan.
Struktur gelembung busa juga memberi Anda lebih lambat, drainase air lebih terkontrol, yang membantu Anda menembus lebih baik dan lebih lama ke sumber bahan bakar.


 8.Memanfaatkan penghalang alami untuk membantu Anda memerangi kebakaran.
Daerah seperti sungai, danau, jalan, rawa dan daerah berbatu dapat menjadi ending tempat alami untuk api sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada mengatasi sisi lain.
Semua kegiatan pemadaman kebakaran didasarkan dari titik anchor, sering salah satu tempat ini. Kemungkinan api mencapai daerah ini kurang dari rata-rata, menyediakan tempat pemadam kebakaran bisa tinggal untuk jangka yang lama.



Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar