Blogger templates

Sabtu, 17 Oktober 2015

DAERAH PENGHASIL TAMBANG MINYAK BUMI DI INDONESIA




 DAERAH PENGHASIL TAMBANG MINYAK BUMI DI INDONESIA

Minyak bumi adalah sumber tambang yang tidak bisa diperbarui karena dia adalah sendapan tanam-tanaman yang sudah sulit diketahui umurnya berapa puluh tahun. Karenanya, sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya kita hemat pemakaian bahan bakar yang sudah kita gunakan.
Tambang minyak bumi di Indonesia tersebar di beberapa daerah pulau Sumatera dan Sulawesi serta beberapa tempat di pulau Jawa. Di provinsi Jawa Timur sendiri, tambang minyak bumi terdapat di Delta Sungai Brantas. Minyak bumi ini berasala dari fosil tumbuhan yang sudah membusuk di bumi selama puluhan bahkan ribuan tahun lamanya.
Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya alam terbesar, baik sumber daya yang bisa diperbarui maupun yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak dan gas alam. Indonesia menduduki peringkat ke-25 negara potensi minyak terbesar dengan cadangan minyak sebesar 4,4 miliar barrel. Dan berada di posisi ke-21 sebagai penghasil minyak mentah terbesar di dunia yakni sebanyak 1 juta barrel per hari, dan menduduki peringkat ke-2 sebagai pengekspor LNG terbesar yaitu 29,6 bcf.
Bersamaan dengan ditemukannya sumber minyak di Telaga Said juga ditemukan juga berbagai penemuan minyak diberbagai lokasi. Yaitu lapangan minyak di Ledok, Cepu, penemuan Riam kiwa di daerah Sanga-sanga, Kalimantan dan penemuan minyak hitam di Sumatra Selatan tepatnya di dekat Muara Enim. 

 DAERAH PENGHASIL TAMBANG MINYAK BUMI DI INDONESIA

Dan berikut beberapa daerah penghasil sumber minyak dan gas alam ini antara lain :

Kepulauan Riau

Daerah di Riau ini khususnya didaerah natuna mampu menghasilkan 365.827 barrel per hari dengan rincian minyak mentah sebanyak 359.777 barrel dan kondesat sebesar 6.050 barrel. Semua hasil minyak ini diperoleh dari Kepulauan Natuna yang memiliki enam blok pertambangan yaitu Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Coastal Plains & Pekanbaru, Selat Malaca, dan Selat Panjang. Riau sendiri merupakan daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Sumber daya alamnya dikelola oleh Chevron, Petroselat, Bumi Siak Pusako, Pertamina, Kondur Petroleum dan Pembangunan Riau. Selain Minyak Kepulauan Riau juga mempunyai cadangan gas bumi terbesar di Indonesia.

Irian Jaya
Daerah  mutiara hitam ini selain penghasil emas terbesar diindonesia juaga memiliki sumber lading minyak bumi yang melimpah.
Daerah yang mempunyai luas 410.660 kilometer persegi ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 14.811 barrel per hari. Dimana bahan yang dihasilkan berupa minyak mentah sebesar 8.243 barrel dan kondensat sebanyak 6.568 barrel. Minyak di daerah ini dieksplorasi oleh Pertamina, Petrochina dan Petroleum.
Potensi juga minyak bumi terdapat juga di  Sorong klamano
     

Sumatera Selatan
Di Sumatera Selatan, daerah-daerah yang menjadi penghasil minyak antara lain Rimau, Lematang, Pendopo Raja dan Ogam Komering. Sumatera Selatan ini mampu menghasilkan minyak mentah sebesar 30.718 barrel per hari dan kondesat sebanyak 10.339 barrel. Semua blok minyak yang berada di Sumatera Selatan ini dikelola oleh Pertamina, Medco, Talisman, Conoco Philips dan Golden Spike.
Jambi: Surolangun. setiap harinya mampu menghasilkan 19.506 barrel. Dengan perincian 8.847 barrel kondensat dan 10659 barrel minyak mentah. Ladang minyak ketujuh terbesar di Indonesia ini dikelola oleh Petrochina, Pearl Oil, dan Conoco Philips. mereka mengelola blok Jabung, Bangko, Tungkal, dan Blok Jambi Selatan.
Untuk daerah Sumatra Utara peotensi lading minyak masih ada dilokasi  Tanjungpura, Pangkalan Brandan
Sedangkan untuk  Sumatra Selatan terdapat didaerah  Plaju, Sungai Gerong.

Jawa Timur 
Daerah di Jawa Timur ini mampu menghasilkan minyak mentah sebanyak 52.290 barrel dan kondesat 326 barrel atau total sebanyak 52.616 barrel per hari. Daerah penghasil minyak di Provinsi Jawa Timur ini antara lain Kangean, Tuban, Cepu, Brantas, Madura Barat, Gresik, dan Bawean. Dimana pertambangan di daerah ini di kelola oleh berbagai perusahaan seperti Pertamina, Hess, Kodeco Energy, Total, Pertamina, Kangean Energy dan Petrochina.
 Jawa Barat
Daerah jawa barat ini mempunyai potensi lading minyak didaerah Peureuk majalengka

Laut Jawa.
blok offshore ini terbentang dari Sumatera bagian tenggara sampai ke daerah dekat Jawa barat. berbagai blok yang ada di laut Jawa adalah blok offshore sekitar Pulau Bawean, Gresik, dan pulau-pulau kecil di wilayah Madura dan Blok Sumatra Tenggara, kedua blok ini mampu menghasilkan produksi sebesar 65.154 barrel per harinya. dengan rincian 62.130 barrel minyak mentah ditambah 3.024 barrel kondensat. Perusahaan yang mengoperasikannya adalah British Petroleum, Pertamina, CNOOC S.E.S. HESS, TOTAL, KODECO Energy, ExxonMobil, Lapindo, Kangean Energy, Pertamina, dan Petrochina.

Kalimantan Timur
propinsi terluas kedua di indonesia setelah irian jaya barat. ukurannya sama dengan satu setengah kali pulau jawa dan madura. menurut perhitungan luasnya adalah 245.237,80 km2. kalimantan timur juga berbatasan langsung dengan malaysia. perusahaan yang bekerja di kaltim adalah Total, Chevron, Vico, dan Medco. sementara blok yang dioperasikan bernama Sanga-sanga, Mamburungan, Kutai, dan Mahakam. Produksi total per harinya bisa mencapai 134.626 barrel. Dengan perincian sebagai berikut, 60.331 barrel minyak mentah dan 74.295 barrel kondensat. Kaltim merupakan propinsi terbesar penghasil kondensat di indonesia, dengan mahakam bloknya. Total yang dioperasikan :
di Pulau Bunyu,Pulau Tarakan,Balikpapan, Kembatin,Tanjung,

 Maluku:
 Pulau Seram, Pulau Tenggara
Dan masih banyak lagi potensi minyak yang belum ditemukan dan diekplorisasi Kalau Melihat semua potensi ini sudah tidak dipungkiri akan kekayaan alam Indonesia. Namun ironisnya semua kekayaan alam tersebut sebagian besar dinikmati oleh negara-negara asing karena Indonesia  belum mampu mengelolanya sendiri. Menurut SKK Migas yang dilansir Liputan 6, eksplorasi minyak terbesar di Indonesia masih berada di tangan PT. Chevron Pacific. Perusahaan asal Amerika ini masuk ke Indonesia tahun 1920.

Sebagai tuan rumah di negeri sendiri, Pertamina harusnya bisa memaksimalkan potensi tersebut. Pertamina diharapkan mampu mengeksplorasi kekayaan alam ini dengan melalui peningkatan teknologi dan inovasi. Sehingga  menjadikan Pertamina menjadi perusahaan pengola terbesar hasil kekayaan alam di negara sendiri. Dimana hasil kekayaan alam tersebut bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia bukan malah mendatangkan keuntungan yang banyak bagi negara-negara asing.
Untuk itu kiranya pemerintah melalui pertamina kedepannya mampu mengelola semua tambang minyak diindonesia.sehingga bangsa Indonesia mampu mampu berdikari sendiri tanpa harus impor bahan bakar lagi.

1 komentar:

  1. Mencari agen p0ker online yang terpercaya? WWW. OPPOP0KER .VIP tempatnya
    Fair play 100% Player vs Player dan banyak bonusnya loh
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda sekarang juga
    BBM: 55A40723
    WA: +6287843026179

    BalasHapus