Blogger templates

Kamis, 22 Oktober 2015

KEBAKARAN HUTAN



 KEBAKARAN HUTAN




Kebakaran Hutan Adalah efek dari menyebarnya api yang membakar material seperti pohon,semak belukar yang ada di hutan.pembakaran ini bisa disengaja maupun tidak disengaja,akan tetapi pada kasus pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit hal ini sengaja dibakar untuk pembukaan lahan baru,hal ini yang menjadi masalah kebakarn hutan akhir-akhir ini.
Dalam survey dilapangan bahwa kebakaran hutan disebabkan hampir semuanya akibat kelalaian manusia dan hanya sekian pesen akibat kondisi alam.

Dampak yang ditimbulkan akibat Kebakaran Hutan adalah terancamnya kelestarian lingkungan dan emisi karbon yang berbahaya.dibutuhkan Upaya pencegahan Kebakaran Hutan agar tidak merusak ekosistem yang ada dan dampak yang ditimbulkan tidak meluas.


 KEBAKARAN HUTAN 


Dalam  Kamus Kehutanan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Kebakaran Hutan (Wild Fire Free Burning, Forest Fire) didefinisikan sebagai :

1. Kebakaran yang tidak disebabkan oleh unsur kesengajaan yang mengakibatkan kerugian. Kebakaran terjadi karena faktor-faktor:
O alam (misalnya musim kemarau yang terlalu lama)
O manusia (misalnya karena kelalaian manusia membuat api di tengah-tengah hutan di musim kemarau atau di hutan-hutan yang mudah terbakar.

2.Bentuk Kerusakan Hutan yang disebabkan oleh api di dalam areal hutan negara.

3.  Polusi udara yang sangat Membahayakan Kesehatan

Istilah Kebakaran hutan di dalam Ensiklopedia Kehutanan Indonesia disebut juga Api Hutan. Selanjutnya dijelaskan bahwa Kebakaran Hutan atau Api Hutan adalah Api Liar yang terjadi di dalam hutan, yang membakar sebagian atau seluruh komponen hutan. Dikenal ada 3 macam kebakaran hutan, Jenis-jenis kebakaran hutan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Api Permukaan atau Kebakaran Permukaan yaitu kebakaran yang terjadi pada lantai hutan dan membakar seresah, kayu-kayu kering dan tanaman bawah. Sifat api permukaan cepat merambat, nyalanya besar dan panas, namun cepat padam. Dalam kenyataannya semua tipe kebakaran berasal dari api permukaan.

2. Api Tajuk atau Kebakaran Tajuk yaitu kebakaran yang membakar seluruh tajuk tanaman pokok terutama pada jenis-jenis hutan yang daunnya mudah terbakar. Apabila tajuk hutan cukup rapat, maka api yang terjadi cepat merambat dari satu tajuk ke tajuk yang lain. Hal ini tidak terjadi apabila tajuk-tajuk pohon penyusun tidak saling bersentuhan.

3. Api Tanah adalah api yang membakar lapisan organik yang dibawah lantai hutan. Oleh karena sedikit udara dan bahan organik ini, kebakaran yang terjadi tidak ditandai dengan adanya nyala api.
 Penyebaran api juga sangat lambat, bahan api tertahan dalam waktu yang lama pada suatu tempat.



Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia sungguh membuat masyarakat menderita,kurangnya sumber daya manusia serta tehnologi untuk pemadaman menjadi penghambat pemadaman hutan di tambah lagi banyaknya hutan gambut yang terbakar menyebabkan proses pemadaman menjadi lama dan menimbulkan asap tebal.

Untuk menangani kebakaran hutan di Indonesia yang kerap terjadi di musim kemarau untuk itu dibutuhkan satgas khusus dalam penanganannya,agar pembakar-pembakar hutan diberikan sakngsi yang seberat-beratnya hal ini agar menimbulkan efek jera bagi pelaku pembakaran.
Semoga hutan Indonesia selalu terlindung dan menjadi ikon  paru-paru dunia aamiin.

Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar