Blogger templates

Minggu, 11 Oktober 2015

INVESTOR JEPANG BANGUN PABRIK PENGOLAH BATUBARA CAIR DI KARAWANG



ilustrasi


 INVESTOR JEPANG BANGUN PABRIK PENGOLAH BATUBARA CAIR DI KARAWANG

Kebutuhan  bahan bakar untuk energy yang terus meningkat mengharuskan pemerintah untuk mencari sumber-sumber energy alternative untuk menggantikan bahan bakar minyak (BBM),salah satunya adalah batubara cair.
Sebagai negara penghasil batubara ini adalah kesempatan besar untuk mengamankan bahan bakar energi dimasa depan,bayangkan saja berapa rupiah  yang pabrik  bisa menghemat?tentunya sangat menghemat cost  karena harga batubara cair tidak semahal bahan bakar solar saat ini.untuk itu melalui  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, sudah ada pabrik percontohan untuk produksi tipe bahan bakar cair baru yang disebut JGC Joal Fuel (JCF) untuk menggantikan bahan bakar minyak (BBM).  Pembangunan pabrik tersebut dilakukan oleh Japan PT Gas Corporation Coal Fuel (JGC) di Desa Kutemekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang.
Tehnology japan ini sudah terbukti dan digunakan untuk kebutuhan industry dijapan.ini adalah momen yang harus ditindak lanjuti serius karena Negara Indonesia merupakan penghasil batubara yang umunya berkalori rendah.

                   Cara membuat batubara cair
 
 INVESTOR JEPANG BANGUN PABRIK PENGOLAH BATUBARA CAIR DI KARAWANG

 Pabrik percontohan ini diyakini mampu  mampu memproduksi 10.000 ton per tahun. JFC diproduksi dengan menggunakan JGC's proprietary lowrank coal slurrification technology.
Caranya dengan meng-upgrade batubara berkalori rendah dan meningkatkan nilai kalori dengan menggunakan hot water treatment, dan pengolahan upgrade batubara menjadi jenis bahan bakar cair. Dengan adanya produk baru ini, JGC menawarkan JCF 30%-50% di bawah harga pasar heavy oil.
Proyek JGC Coal Fuel ini sangat strategis dan sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mendorong nilai tambah batubara.dengan adanya pabrik pengolahan batubara cair ini diharapkan mampu menjawab tantangan energy dimasa depan .

0 komentar:

Posting Komentar